KUNJUNGAN DARI BALITBANG PROPINSI JABAR


Pada akhir bulan Novermber 2015, P3BM - Agroniaga mendapat kunjungan dari BALITBANG Propinsi Jawa Barat dan Dinas HUT-BUNAK Kabupaten Majalengka. Sedikit dijelaskan oleh Yayat dan Nanang, Staff Dinas HUT-BUNAK Majalengka, bahwa kunjungan pihaknya bersama-sama BALITBANG Propinsi Jabar di Kandang Belajar milik Argoniaga, adalah dalam rangka survey populasi serta upaya-upaya kekinian yang dilakukan oleh masyarakat berkait dengan pengembangan ternak domba.

Dalam kesempatan kunjungan tersebut juga dibicarakan tentang bagaimana upaya-upaya yang perlu dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk Agroniaga dalam membantu masyarakat mengembangkan usaha ternak domba serta mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat berkait dengan usaha ternak. Di samping tentang penanganan darurat terhadap penyakit ternak, krisis pakan yang terjadi pada musim kemarau menjadi salah satu tema perbincangan. "Hal ini perlu dipikirkan jauh-jauh hari, karena khususnya di Majalengka, krisis pakan tidak saja hanya diakibatkan oleh musim kemarau saja, tetapi kecenderungan perubahan kawasan pertanian menjadi kawasan pemukiman dan industri akan sangat berdampak dalam ketersediaan pakan", jelas Yayat.

Oleh sebab itu, perlu dilakukan sejumlah rekayasa pengembangan pakan alternatif dengan cara mengolah bahan-bahan lokal yang bisa menggatikan rumput di musim kemarau. Seperti jerami yang melimpah di musim kemarau, perlu dipikirkan agar bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak domba. "Kita perlu mencoba untuk mengolahnya, terutama menghilangkan unsur serat yang terlalu banyak di jerami. Sehingga ternak domba dapat mengkonsunsi secara baik layaknya makan rumput", jelas Dudung, salah satu staff Agroniaga.

Komentar

Postingan Populer