Merintis Simpul Pemasaran Pupuk (kompos) Agronik-1

Sebagai upaya memperluas informasi sekaligus jaringan pasar produk Agronik-1, pupuk kompos yang diproduksi oleh masyarakat binaan Agroniaga di Desa Kertawinangun Kecamatan Kertajati - Majalengka, saat ini telah dibangun simpul-simpul pemasaran di 3 kabupaten yakni Majalengka, Subang dan Indramayu.

Menurut Asep Khaerudin, staff marketing Pusat Pemasaran dan Pengembangan Bisnis Masyarakat - Agroniaga, pada bulan desember 2015 ini telah dilakukan kerja sama pemasaran produk kompos agronik-1 dalam skala yang lebih besar. Menurutnya, kegiatan ini berupa kerja sama dengan kios-kios tanaman bunga dan sejumlah ibu-ibu pengelola rumah sayuran. "Dalam hal ini, agroniaga memberikan sejumlah fasilitas promosi serta suplay pupuk kompos dengan sistem konsinyasi kepada kios-kios dan ibu-ibu pengelola rumah sayuran. Dengan demikian, diharapkan keberadaan kompos agronik-1 lebih cepat memasyarakat, sekaligus memperingan resiko bagi para pemilik kios dalam mengelola penjualan kompos mereka", jelas Asep. "Hal ini mengingat bahwa produk kompos bukanlah barang yang memiliki sirkulasi penjualan yang cepat. Dengan sistem konsinyasi ini, para resaler (penjual eceran) tidak terlalu terbebani dalam menanggung resiko tidak lakunya barang", tambah Asep.



Pada saat ini, simpul-simpul pemasaran yang telah berhasil dibangun oleh Agroniaga yakni: Kios Bunga CC Barokah, di Jl Cilameri, Sukamelang - Subang; Kios Bunga A. Aje Saka di Salahgedang, Sukahaji Majalengka; Kios Bunga Taman Tiara di Jl Tanjung Raya Pasar Baru - Indramayu, dan sejumlah titik lainya di Kuningan dan Cirebon.

Komentar

Postingan Populer